Ekonomi

Puncak JTF 2019, Ratusan Transaksi dan Kamar Hotel Ludes

person access_time 5 years ago
Puncak JTF 2019, Ratusan Transaksi dan Kamar Hotel Ludes

Ahmad Abdul, runner-up Indonesian Idol 2018, tampil di JTF 2019 di Samarinda. (foto: fachrizal muliawan/kaltimkece.id)

Jakarta Travel Fair 2019 di Samarinda mencapai puncaknya. Animo warga Kota Tepian tak diragukan.

Ditulis Oleh: Fachrizal Muliawan
Minggu, 08 September 2019

 

kaltimkece.id Perhelatan Jakarta Travel Fair (JTF) 2019 di Samarinda telah memasuki puncaknya. Selama tiga hari, tepatnya 6-8 September 2019, Atrium BIG Mall Samarinda disulap menjadi wadah ajang promosi pariwisata DKI Jakarta.

Ahad, 8 September 2019, pengunjung JTF dihibur penampilan runner-up Indonesia Idol 2018, Ahmad Abdul. Hampir satu jam, pengunjung dihibur penampilan pria yang akrab disapa Abdul itu. Single Coming Home, Yang Terbaik, dan Bukan Cintaku, berhasil membuat pengunjung yang kebanyakan perempuan meneriakkan namanya.

"Enggak nyangka, penikmat lagu saya di Samarinda banyak juga, ya," ujar Abdul diikuti sorakan pengunjung.

Rangkaian JTF 2019 di Samarinda terbagi dua. Rangkaian pertama berlangsung pada 4-5 September 2019. Diadakan Table Top Jakarta Travel Fair 2019. Dalam dua hari, panitia JTF 2019 memberikan kesempatan kepada pelaksana industri pariwisata membeli paket wisata di JTF. Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Hari Wibowo, menuturkan, sedikitnya 80 kerja sama dengan agen perjalanan dari Samarinda terlaksana.

Larisnya Kamar Hotel

Jika kerja sama dengan biro perjalanan lokal terbilang sukses, tidak dengan penjualan dalam pameran JTF pada 6-8 September 2019. Menurut Hari, masih di bawah ekspektasi. Namun, dia optimistis karena tahun ini perhelatan pertama JTF di Samarinda.

"Beberapa evaluasi akan dilakukan," ujarnya. Meski ada yang di bawah ekspektasi, selama tiga hari event, ratusan transaksi dibukukan. "Bahkan, dalam sesi Crazy Hour Sale, kamar hotel yang ditawarkan terjual habis," terangnya.

Crazy Hour Sale adalah satu dari berbagai rangkaian JTF 2019. Pada 7 September 2019, pukul 19.00-20.00 Wita, diberikan penawaran menarik. Mulai tiket pesawat Rp 2,3 juta untuk pulang-pergi, hingga voucher hotel bintang tiga sampai empat mulai Rp 99 ribu. Dalam Crazy Hour Sale tersebut, kata Hari, kebanyakan konsumen mengincar kamar hotel.

Event JTF sebagai ajang promosi pariwisata DKI Jakarta disajikan all out. Tak sekadar berfokus penjualan tiket pesawat dan kamar hotel, berbagai seni, ragam budaya, hingga kuliner khas Jakarta dihadirkan. Mulai kesenian gambang kromong, batik betawi, hingga pedagang kerak telor. Dua atraksi yang paling ramai adalah gerai kerak telor milik Bang Hendra. Didatangkan langsung dari Jakarta. Lengkap dengan gerobaknya.

Setiap pukul 15.00 dan 17.00 Wita, kerak telor Bang Hendra membagikan kerak telor gratis kepada pengunjung. Bang Hendra yang mengenakan baju jawara Betawi kewalahan. Di luar pukul 15.00 dan 17.00 Wita, Bang Hendra menjual seporsi kerak telor Rp 20 ribu.

Baca juga:
 

Atraksi kedua yang menarik minat pengunjung adalah manusia patung yang biasa mangkal di Museum Fatahilah. Sabtu siang, 7 September 2019, manusia patung mengenakan kostum Soekarno, sang proklamator. Sedangkan puncak JTF 2019, manusia patung mengenakan kostum seniman emas.

Finalis Abang None Jakarta juga dihadirkan. Abang Jakarta Selatan Ibrahim Hanif dan None Jakarta Utara Ribka Kathryn, fasih menjelaskan lokasi pariwisata yahud dari daerah asal mereka. (*)

Editor: Fel GM

 

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar